Tari Zapin Betawi Tarian Tradisional Betawi DKI Jakarta

shares

Tari Zapin Betawi Tarian Tradisional Betawi DKI Jakarta - Tari Zapin adalah tarian yang berkembang di daerah masyarakat Betawi. Tarian ini dipengaruhi oleh budaya Arab dan telah terintergrasi dengan budaya Betawi. Zafin berasal dari bahasa Arab "Zafana" berarti berjoget atau bertandak. Sedangkan tari Zafin ini termasuk tari pergaulan. Adapun ciri penampilan tari zafin dari penampilanya :

  • Dalam pertunjukanya terdapat unsur improvisasi.
  • Unsur spontanitas. 
  • Busana dan aturan yang tidak mengikat dari segi komposisi tari atau segi musik untuk iringan. Dalam pertunjukan tari Zafin ini tidak terdapat jarak yang berarti dengan penonton, Penonton bebas tampil untuk menari. 
Tari Zapin yang terdapat didaerah Betawi terbagi menjadi dua, yaitu tari Zapin  Umum dan tarian Zapin yang berkembang di kalangan Ulama. Hal tersebut karena pengaruh budaya melayu yang terakulturasi dengan budaya Betawi memunculkan berbagai ragam budaya dan salah satunya adalah tari Zapin. Baca juga Tari Zapin Kepulauan Riau, Jenis Dan Alat Musik Pengiring Tarian.

Tari Zapin Betawi Tarian Tradisional Betawi DKI Jakarta

Baca Juga : 

Gerakan tarian Zapin ini berbeda dengan tarian lain. Gerakan tari Zapin menekankan pada kaki dengan dua pola langkah, yaitu langkah biasa dan langkah kecil. Inilah salah satu keunikan dari tari Zapin. 

Gerakan langkah kaki pada tari zapin ini dengan gerakan menyudut dan membentuk anak panah sebagai ciri dai tari Zapin Betawi. Langkah unik tersebut adalah langkah pokok yang digunakan pada tari Zapin. 

Gerakan unik tersebut antara lain membentuk garis lengkung berupa lingkaran penuh, setengah lingkaran dan bentuk spiral adalah sebagai variasi. Terdapat empat gerakan pokok dalam tari Zapin, yaitu :

  • Pola pokok.
  • Putaran tiga.
  • Konde.
  • Setengah Lingkaran, atau suatu pola langkahan sekaligus adalah satu kesatuan pada suatu penampilan. 
Durasi langkah kaki tersebut dihitung berdasar irama lagu, dua kali empat hitungan atau tiga kali empat hitungan sesuai dengan kemauan penari. Perpindahan rumus secara spontan dapat dibuat sipenari, misal 2x4, 3x4 atau 1x4 dan seterusnya. 

Variasi dalam tari Zapin ini dengan gerakan menyudut dari arah kiri dan kembali ketitik semula. Tari Zapin ini tarian yang memiliki pola lantai yang bervariasi. Sedangkan gerakan pokok tersebut adalah berjalan menapak serta jinjit dengan sebelah kaki. 

Gerakan kaki tersebut juga dapat divariasikan seperti menendang dan gerakan tangan mengikuti gerak kaki seperti orang berjalan. Gerakanya sederhana berupa ayunan dan terkadang diselingi dengan tepukan tangan atau gerak kaki menyentak ibu jari tengah. 

Perlu juga diketahui tiga motif gerakan pada tari Zapin Betawi, yaitu ayunan, tepukan dan hentakan ibu jari tengah, sehingga menimbulkan bunyi tek. Pertunjukan tari Zapin juga menggunakan vokal yang dilantunkan pria dan wanita sebagai pembawa melodi dengan lirik lagunya beragama Islam. 

Iringan yang digunakan dalam pertunjukan tari Zapin adalah orkes gambus berupa marwas, biola, suling dan gendang. Busana penari pria berupa celana batik, baju kampret, sarung dan selendang. 

Sedangkan busana yang digunakan untuk penari wanita, yaitu kebaya, kain, celana panjang, ikat pinggang dan selendang dan ikat kepala sejenis jilbab. Warna yang digunakan sesuai dengan selera dengan ornamen pada bagian tertentu. 

Related Posts