Tari Topeng Betawi Tarian Daerah Betawi DKI Jakarta



Tari Topeng Betawi Tarian Daerah Betawi DKI Jakarta - Tari Topeng Betawi adalah tarian adat yang berasal dari Betawi di Jakarta. Tarian ini menggunakan atribut topeng sebagai ciri khasnya. Selain itu tarian ini adalah sebuah perpaduan tarian antara seni tari, musik serta nyanyian seperti pertunjukan tari Opera. Baca Juga Lirik Lagu Daerah Betawi Jali - Jali.

Pada awalnya tari Topeng Betawi oleh para seniman dipentaskan secara berkeliling untuk mengisi acara adat seperti khitanan, pernikahan dan lainya. Tarian ini menurut masyarakat Betawi dipercaya dapat menjauhkan dari marabahaya dan kini topeng ini menjadi tari hiburan saja dan memeriahkan pesta adat.

Pertunjukan Tari Topeng Betawi diawali dengan lagu sebagai iringan kemudian penari menari menggunakan topeng. Sedangkan gerakan tarian sesuai dengan tema yang dibawakan. Tema yang digunakan dalam tarian bervariatif, misalnya kritik sosial, cerita legenda dan cerita klasik.

Tari Topeng Betawi Tarian Daerah Betawi DKI Jakarta

Baca Juga : 


Tarian ini bersifat teatrikal dengan melalui gerakan terdapat pesan yang disampaikan. Alat musik yang digunakan untuk iringan tari ini adalah alat musik tradisional Betawi antara lain : rebab, kempul, gendang besar, kecrek, kromong tiga, kulanter dan gong buyung

Sedangkan busana yang dipakai tari Topeng Betawi sesuai dengan tema yang dibawakan dan tidak meninggalkan ciri kedaerahan. Busana penari pria pada biasanya menggunakan kaos oblong, pakaian hitam, celana panjang serta kain sarung dan bagian kepala menggunakan ikat kepala atau peci. 

Mahkota warna warni yang dipakai pada bagian kepala disebut dengan "Kembang Topeng" serta topeng yang menutupi wajah penari. Topeng yang digunakan penari ini terbuat dari kayu dan tidak menggunakan ikat kepala melainkan didesain agar topeng dapat menempel dengan cara digigit pada bagian dalam topeng. 

Terdapat tiga hal yang perlu untuk diketahui untuk melakukan tarian ini, antara lain : penari harus gendes atau luwes dan lemah gemulai, ceria tidak terlihat sedih saat menari, lincah dan bergerak bebas.