Tari Rodat Cempako Tarian Daerah Palembang Sumatera Selatan



Tari Rodat Cempako Tarian Daerah Palembang Sumatera Selatan - Tari Rodat Cempako adalah tarian daerah Sumatera Selatan dan merupakan salah satu kesenian tari yang tumbuh dan berkembang di kalangan umat islam yang terdapat di Palembang. Pertunjukan tarian ini menggunakan syair atau syiiran yang berbahasa Arab bersumber dari kitab Al- Berzanji. 

Kitab Berzanji adalah sebuah kitab sastra masykur yang terdapat di kalangan umat islam yang berisi bacaan sholawat puji- pujian terhadap Nabi Muhammad SAW. Tarian ini biasanya di tampilkan seiring dengan tradisi memperingati Maulid Nabi. 

Keberadaan tari rodat cempako di Palembang biasanya tergabung dengan PSA atau Persatuan Syaropal Anam. Tarian rodat dalam hal ini digunakan untuk melakukan arakan iringan pengantin. Selain itu tarian ini juga ditampilkan untuk kesenian islam lainya. 

Tari Rodat Cempako Tarian Daerah Palembang Sumatera Selatan

Baca Juga : 

Ciri dari seni tari Rodat adalah iringan syair yang dilantunkan dengan menggunakan alat musik rebana secara bersama- sama dan inilah yang disebut "Rodat". Tarian ini dilakukan dengan "leyek" yang artinya menari sambil duduk. 

pertunjukan tari rodat sangat dinamis dan lincah yang dilakukan oleh para pria dan wanita dengan gerakan dasar dari Timur Tengah. Hal serupa juga terdapat pada tari Zapin. Baca Tari Zapin Kepulauan Riau, Jenis Dan Alat Musik Pengiring Tarian.