Tari Puspanjali Tarian Kreasi Baru "Potensi Wisata" Pulau Bali

Tari Puspanjali Tarian Kreasi Baru "Potensi Wisata" Pulau Bali - Tari Puspanjali tari yang berasal dari daerah Bali, dan tari ini tergolong tari kreasi baru. Tari ini pertama kali diciptakan oleh seorang seniman terkenal N.L.N. Swasthi Wijaya Badem pada tahun 1989.  

Nama Puspanjali berasal dari kata puspa yang berarti bunga dan anjali berarti menghormat. Jadi, tarian ini adalah tari penghormatan kepada tamu. Tari ini dilakukan oleh penari wanita. 

Selain menciptakan gerakan tari Puspanjali N.L.N. Swasthi Wijaya Badem juga dikenal melalui hasil karyanya, antara lain tari Saraswati, Belibis, Siwa Nataraja dan Tari Sekarjagad. Karya yang dihasilkanya bekerjasama dengan I Nyoman Windha sebagai penata musik yang juga tokoh seniman pulau Bali.  

Tari Puspanjali Tarian Kreasi Baru "Potensi Wisata" Pulau Bali

Tari Puspanjali dilatarbelakangi oleh kesadaran dua seniman akan keberadaan pulau Bali sebuah pulau yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, sehingga dengan melalui tarian mampu untuk mendukung potensi wisata di Bali. Selain itu karya yang mereka ciptakan dapat diturunkan kepada generasi penerus.  

Gerakan tari Puspanjali terdiri dari gerak kepala, dan gerakan menyambut tamu dengan berjalan dengan kedua tangan di depan dada. Keramahtamahan kepada tamu digambarkan dengan melalui gerak memutar dan melenggok.