Tari Melinting Tarian Daerah Provinsi Lampung

Tari Melinting Tarian Daerah Provinsi Lampung - Tari Melinting adalah tarian daerah tradisional yang berasal dari Lampung. Pertunjukan tarian ini dilakukan oleh pria dan wanita. Keberadaan dari tari melinting telah ada sejak jaman dulu dan merupakan tarian klasik peninggalan kerajaan Melinting di Lampung Timur. 

Berdasarkan sumber yang ada Tari melinting adalah tarian klasik peninggalan kerajaan Melintinng yang terletak di Lampung Timur. Tarian ini diciptakan pada abad ke 16 oleh Ratu Melinting II yang bergekar Pangeran Panembahan Mas untuk pertama kali tari ini diciptakan. 

Pada zaman dulu tari ini hanya ditampilkan untuk acara gawi adat kerajaan Melinting dan hanya dikenal dilingkungan kerajaan Melinting. Uniknya tarian ini hanya dapat dilakukan oleh putra dan putri Ratu Melinting. 

Tari Melinting Tarian Daerah Provinsi Lampung

Baca Juga : 

Sedangkan pada tahun 1958 tarian Melinting mengalami perkembangan dan penyempurnaan yang akhirnya menjadi tarian rakyat. Tarian ini kemudian ditampilkan untuk berbagau acara besar adat seperti perayaan, penyambutan tamu serta acara budaya yang diselenggarakan dan berkembangan menjadi tarian pertunjukan. 

Pertunjukan Tari Melinting dilakukan oleh penari pria dan wanita sejumlah 8 terdiri dari 4 pria dan 4 putri dengan gerakan khas menggunakan atribut kipas. 

Terdapat beberapa babak dalam pertunjukan tari Melinting ini, antara lain : 

Babak pembuka sebagai penghormatan kepada tamu.
Babak kugawo ratu menggambarkan lemah lembut penari wanita dan kelincahan penari pria. 
Babak knui melayang ini menggambarkan keanggunan dan keagungan para penari. 
Babak penutup ini diakhiri dengan salam serta penghormatan dari para penari. 

Gerakan penari wanita dan pria berbeda, gerakan pria didominasi gerakan lincah, Meliputi : 

Gerakan babar kipas, jong sumbah, sukhung, sekapan balik palau, kenui melayang nyiduk, salaman, suali, niti batang, luncat kijang, dan lapah ayun

Sedangkan Gerakan penari wanita meliputi gerakan : babar kipas, jong sumbah, sukhung, sekapan, timbangan/ terpipih mabel melayang, ngiyau bias, nginjak lado, nginjak tahi manuk,dan lapah ayun.

Iringan tari Melinting ini menggunakan alat musik tradisional, antara lain : Kola bala, gendang serta alat musik tradisional lainya. Alat musik tersebut dimainkan sesuai dengan gerakan para penari dengan irama yang berbeda- beda. 

Busana tari Melinting dalam pertunjukanya untuk penari wanita antara lain : siger bercadar bunga pandan Subang, kalung buah jukum, gelang kano, bulu seretei, gelang rui sesapurhanda, tapis, dan jungsarat.

Busana penari pria antara lain : kopiah emas, kembang melur bunga pandan, buah jukum, jungsarat, papan jajar, bulu seretei, sesapur handap, injang tuppal, dan celana reluk belanga.



Related Posts

Tari Melinting Tarian Daerah Provinsi Lampung
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *