Tari Magasa Suku Arfak Manokwari Papua Barat

Tari Magasa Suku Arfak Manokwari Papua Barat - Tari Magasa adalah tari tradisional yang terdapat di Suku Arfak Papua Barat. Pertunjukan tarian ini berbentuk barisan panjang layaknya ular yang dilakukan oleh pria dan wanita. Tarian ini disebut juga tari Ular. 

Tari ini telah ada sejak zaman dulu yang merupakan tarian tradisi suku Arfak yang mendiami pegunungan Arfak di Manokwari Papua Barat. Tari ini ditampilkan sebagai perayaan atau keberhasilan dalam melakukan sesuatu dan untuk penyambutan tamu. 

Tari ini juga sebagai ungkapan rasa syukur terhadap serta kebahagiaan masyarakat dari apa yang mereka dapatkan. Tari Magasa hingga kini masih terus dipertahankan hingga sekarang oleh suku Arfak.

Tari Magasa Suku Arfak Manokwari Papua Barat

Baca juga tarian tradisional Papua Barat : 

Tari Magasa ini pada jaman dulu digunakan sebagai acara penyambutan tamu serta acara adat lainya. Selain itu tari ini adalah sebuah kebersamaan masyarakat suku Arfak yang digambarkan menari secara bersama dan tidak memandang gender, umur dan juga status sosial. 

Pertunjukan Tari Magasa ditampilkan secara masal oleh para pria dan wanita dengan posisi berselang- seling dengan iringan syair dan lagu dengan formasi tari memanjang dan penuh suka cita. 

Gerakan tari Magasa ini sederhana dan didominasi gerakan kesamping dan melompat secara bersama- sama dan satu arah. Tarian tersebut selalu berubah - ubah dan tidak terputus dengan formaso, melengkung dan lurus, melingkar seperti gerakan ular. 

Busana tari Magasa adalah busana adat yang berupa cawat serta penutup kepala yang terbuat dari bulu burung Kasuari atau Cenderawasih. Bagi penari pria dilengkapi dengan senjata tombak dan pedang di tangan mereka. 

Bagi para penari wanita menggunakan busana kain sejenis sarung dan penutup dada hingga mata kaki. Ada juga aksesoris yang digunakan antara lain hiasan bunga dan daun pohon sagu yang dipasang dirambut. 


Related Posts

Tari Magasa Suku Arfak Manokwari Papua Barat
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *