Tari Ketuk Tilu Cikal Bakal Tari Jaipong Pasundan Jawa Barat

Tari Ketuk Tilu Cikal Bakal Tari Jaipong Pasundan Jawa Barat - Tari ketuk tilu adalah tarian daerah yang terkenal dari Jawa Barat. Tari ini juga menginspirasi tarian tradisional yang ada di Jawa Barat. Tarian ini tergolong tari pergaulan dan ditampilkan untuk keperluan upacara adat. Selain itu tari Ketuk Tilu merupakan cikal bakal dari tari Jaipong Jawa Barat. 

Pada jaman dulu tarian ini digunakan untuk kepentingan upacara adat yang dilakukan pada waktu malam hari sebagai ungkapan rasa syukur kepada "Dewi Sri", Dewi padi dalam kepercayaan Masyarkat Sunda. Pertunjukanya dengan mengiring para gadis ke tempat yang luas dengan iringan bunyi- bunyian. Kini tari Ketuk Tilu lebih cenderung untuk hiburan saja bagi masyarakat Sunda.

Nama tari Ketuk Tilu ini berasal dari nama alat musik atau instrumen sejenis bonang instrumen pencon yang dimainkan dengan instrumen kendang indung, irama rebab dan kulanter. Alat musik tersebut digunakan sebagai iringan. 

Tari Ketuk Tilu Cikal Bakal Tari Jaipong Pasundan Jawa Barat

Baca juga : 


Gerakan tarian Ketuk Tilu terdiri dari gerakan, pencak, goyang, muncid, geol dan gitek. Sedangkan nama dari gerakan memiliki nama sendiri, yaitu depok, oray orayan, bajing luncat, ban karet dan sebagainya. Pertunjukan tari ini meriah karena penonton yang datang menyaksikan. 

Awal pertunjukan tarian ini penari memasuki arena dengan gerak jajangkungan dan gerakan wewayangan, yaitu selain menari penari juga menyanyi. Dalam pertunjukan ini terdapat penari primadona dengan iringan tunggal ibing jago. Lagu yang dimainkan adalah Cikeruhan, Cijagran dan mamang. Penari juga mengajak penonton untuk menari secara berpasangan. 

Ada juga lagu wajib yang dimainkan dalam pertunjukan tari Ketuk Tilu antara lain : Kidung dan erang. Lagu lain yang dimainkan, antara lain Tunggul Kawung, Kaji Kaji Sorong, Naek Geboy, Kembang Beureum dan Sonteng, dan masih masih banyak lagi. Lagu yang dilantunkan berbentuk pantun dengan tema cinta atau kegembiraan, dan ada juga lagu yang dimainkan secara spontan. Alat musik yang digunakan untuk tari ketuk tilu antara lain : Rebab, kempul, gong, kendang besar, kecrek dan kulanter. 

Busana tari yang dipakai para penari ketuk tilu untuk pria berupa baju kampret warna gelap dan bagian bawah menggunakan celana pengsi, atribut sabuk kulit dan golok serta ikat kepala. 

Sedangkan busana wanita penari ketuk tilu berupa pakaian kebaya dan celana sinjang untuk bagian bawah. Perlengkapan busana lainya antara lain sabuk, kalung, gelang dan selendang serta sanggul dengan hiasan rangkaian bunga pada bagian kepala penari.    


Related Posts

Tari Ketuk Tilu Cikal Bakal Tari Jaipong Pasundan Jawa Barat
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *