Tari Kebalai Tarian Daerah Rote Ndao Nusa Tenggara Timur


Tari Kebalai Tarian Daerah Rote Ndao Nusa Tenggara Timur - Tari kebalai adalah tarian daerah yang terdapat di Nusa Tenggara Timur. Tarian Kebalai berasal dari aerah Rote Ndao dan merupakan tarian tradisional yang terkenal di masyarakat Rote Ndao yang telah sejak lama ada. 

Tarian ini pada zaman dulu digunakan dilakukan setelah pemakaman adat selesai dan para kerabat, keluarga dan para tamu berkumpul untuk melakukan tarian Kebalai untuk menghibur para keluarga yang sedang berduka cita. 

Makna tari ini adalah sebuah dukungan kepada keluarga yang sedang berduka melalui tarian masal sebagai ungkapan nilai kebersamaan dan persatuan. Selain itu tarian ini juga untuk mendukung dan mempererat hubungan sosial.

Tari Kebalai Tarian Daerah Rote Ndao Nusa Tenggara Timur

Baca juga tari tradisional NTT : 

Pertunjukan tari Kebalai ini dilakukan secara masal oleh pria dan wanita, tua atau muda secara masal dengan formasi tari melingkar dan saling berpegangan dengan irama dan syair yang sesuai. Pelantung syair dalam tari Kebalai disebut Manahelo dan Manasimba. Gerakan didominasi gerakan kaki maju mundur dan melangkah ke kanan. 

Iringan yang digunakan dalam pertunjukan ini adalah syair yang dilantunkan oleh pelantun syair yang menggunakan bahasa adat. Pelantun syair pada tari Kebalai ini juga merupakan pemimpin adat. 

Busana tari Kebalai adalah pakaian adat khas Rote Ndao. Bagi para penari pria menggunakan selimut selampang, habas dan selimut hafa. Penari pria juga menggunakan Ti'i langga topi kas Rote Ndao. Sedangkan Penari perempuan menggunakan busana selampang, sarung, pendi dan habas serta bula molik di kepala. 

Perkembangan Tari Kebalai selain untuk upacara pemakaman adat juga bersifat hiburan, penyambutan dan acara adat juga festival seni budaya. Tari Kebalai adalah tarian daerah digunakan sebagai daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Rote Ndao .

Related Posts

Tari Kebalai Tarian Daerah Rote Ndao Nusa Tenggara Timur
4/ 5
Oleh

Contact Me

Name

Email *

Message *