Tari Cukin Budaya Asli Tangerang "Kang Jatuh Di Telapak Kaki Nong"



Tari Cukin Budaya Asli Tangerang "Kang Jatuh Di Telapak Kaki Nong" - Tari Cukin adalah tarian daerah yang tumbuh dan berkembang dari daerah Tangerang Banten. Pertunjukan tarian ini hampir sama dengan tari Cokek yang berkembang di Jawa Barat. Baca

Tari Cukin menggambarkan para remaja yang bersendau gurau di suatu malam yang cerah dengan ungkapan gerak tarian yang indah yang membuat kaum lelaki tergerak dan ikut didalamnya.

Cukin adalah bahasa asli Tangerang berarti selendang yang dipakai penari atau selembar kain yang digunakan untuk menggendong anak. Tarian ini merupakan implementasi sebuah kolaborasi kreasi seni daerah Tangerang pada tanggal 1 Agustus 2006 silam.

Tari Cukin Budaya Asli Tangerang "Kang Jatuh Di Telapak Kaki Nong"

Baca Juga : 


Maestro tari Cukin adalah Nani Mulyani dengan mengadopsi tari Cokek sejak zaman Belanda. Hal tersebut dilakukan sebagai ciri dari kedaerahan.

Pada akhir pertunjukan tari Cukin ini para penari wanita meninggalkan penari pria yang terhanyut dalam tarian dan terjadilah tarik menarik selendang pada saat penari pria menyadari dan membuat "kang jatuh ditelapak kaki nong"