Motif Kain Tapis Dan Jenis Kain Tapis Lampung

shares

Motif Kain Tapis Dan Jenis Kain Tapis Lampung - Provinsi Lampung selain terkenal dengan tarian daerah dan alat musik tradisional juga terkenal dengan membuat kerajinan yang disebut dengan kain Tapis. Pada jaman dulu kain tapis oleh warga Lampung digunakan untuk pakaian. 

Perkembangan kegunaan kain tapis selain sebagai pakaian telah masuk pada bisnis untuk meningkatkan penghasilan warga Lampung walau mengalami proses penurunan produksi karena tidak mengetahui cara membuat kain tapis serta motifnya. 

Kain Tapis adalah pakaian yang digunakan oleh kaum perempuan suku Lampung sebagai sarana menyelaraskan diri terhadap lingkungan sekitar serta sebagai ungkapan menghormati sang Pencipta. 

Kain tapis yang diciptakan oleh masyarakat Lampung berupa kain sarung dan selendang, tapi kain sarunglah yang paling banyak diproduksi. Kain Tapis ini banyak diproduksi oleh wanita atau gadis dan ibu rumah tangga warga Lampung guna memenuhi adat sakral. 

Motif Kain Tapis Dan Jenis Kain Tapis Lampung

Baca Juga : 

Pembuatan kain tapis memerlukan waktu berbulan- bulan dan memiliki nilai jual yang tinggi. Bahan yang digunakan untuk kain ini juga sulit digunakan dan harga kain menjadi mahal. 

Nilai jual kain tapis ini melalui bahan pembuatan, motif dan juga kerapihan serta keindahan. Berikut ini motif kain Tapis yang Populer :

Motif Lereng - Lereng
Motif ini lebih dikenal oleh masyarakat Lampung dan juga digunakan oleh warga Lampung. Warna motif pada bagian belakang berwarna merah dan lereng berwarna emas berbentuk segitiga. 

Motif Gunung
Motif ini berbentuk segitiga menyerupai gambar gunung. 

Motif Bukit
Motif ini berbentuk seperti bukit dan dikreasi oleh warga Lampung bentuk bukit yang dirubah jadi mahkota siger. 

Jenis Kain Tapis Lampung Yang Populer : 

Tapis Raja Medal
Bahan terbuat dari benang kapas dengan lajur warna kuning, hijau dan hitam. Kain ini biasa digunakan untuk pengantin perempuan dan juga para istri kerabat tertua pada upacara perkawinan adat, pengambulan gelar pangeran dan sultan. Motif kain ini adalah motif ayam, dan motif pucuk rebung. 

Tapis Raja Tunggal
Motif yang digunakan pada kain Raja Tunggal antara lain , motif orang sedang naik perahu, motif orang menunggang kuda dan motif binatang. 

Tapis Tuho
Jenis kain Tapis Tuho berwarna coklat dan biru bermotif binatang dan pembatas bidang warna sasab tegak. Pada bagian bawah kain terdapat tempelan kaca dan moci. Kain oini digunakan untuk perempuan yang telah menikah dan untuk acara pesta pengantin dan upacara adat lampung. 

Tapis Laut Silung
Kain ini biasanya digunakan oleh para istri kerabat jauh dan gadis pengiring pengantin. 

Kain Tapis Laut Linu
Kain ini digunakan oleh para gadis penari cangget serta para gadis pengiring pengantin.

Kain Tapis Balak
Digunakan oleh kelompok perempuan dan kelompok istri pada saat mengambil gelar pangeran pada upacara pengambilan gelar. 

Kain Tapis Pucuk rebung
Kain ini dipakai oleh perempuan telah menikah pada saat upacara adat. 

Kain Tapis Kaca
Adalah kain yang digunakan perempuan pengiring pengantin pada saat upacara. 

Kain Tapis Bintang Perak
Berupa motif bintang dan motif geometris. Kain ini digunakan perempuan pada saat upacara adat Lampung. 

Kain Tapis Ratu Tulang bawang
Motif kain berupa pucuk rebung serta motif belah ketupat. Warna kain ini berupa merah, hitam dan coklat. Kain ini digunakan istri penyimbang pada saat menghadiri upacara adat lampung atau Pepadun.  

Related Posts