Kerajinan Batik Betawi Dan Makna Motif Kain

shares

Kerajinan Batik Betawi Dan Makna Motif Kain - Selain seni tari dan alat musik tradisional daerah Betawi juga dikenal berbagai kerajinan tangan antara lain adalah Batik Betawi. Batik Betawi mengangkat berbagai unsur kebudayaan Betawi yang dipengaruhi berbagai negara, yaitu : Budaya India, Arab, Belanda dan Cina.

Menurut sejarah Motif Batik Betawi terdiri dari lima jenis motif yaitu ondel- ondel, nusa Kelapa, Ciliwung dan Rasamala serta Salakanegara. Motif tersebut memiliki asal usul masing - masing. Sedangkan warna yang dipakai adalah warna menyala seperti hijau, merah, oranye dan kuning. 

Kerajinan Batik Betawi Dan Makna Motif Kain

Baca Juga : 

Keunikan motif Betawi memiliki makna tersendiri bagi warga setempat, misal Motif batik Ondel- ondel digunakan untuk menolak bala bagi sipemakai. Motif Nusa Kelapa terinspirasi dari Peta Ceila Buatan Pangeran Panembong pada masa Prabu Siliwangi 1482 - 1521 yang menyebutkan Jakarta pada zaman dulu dinamai "Nusa Kelapa" oleh para leluhur Betawi.  

Motif Ciliwung berasal dari tepian Sungai Ciliwung yang pada saat itu para penjajah Portugis dan Belanda tertarik dengan sungai Ciliwung dan bermaksud menguasai. Dimaksudkan siapa saja yang menggunakan Batik Ciliwung memiliki daya tari dan rejeki yang mengalir bagai aliran sungai. 

Selain motif Batik yang mengangkat sebuah fenomena, Batik Betawi juga menggunakan konsep kehidupan selain flora dan fauna terdapat juga alat musik daerah setempat atau seni pertunjukan Tionghoa dengan tidak menghilangkan ciri kedaerahan. 

Related Posts