Alat Musik Tradisional Jawa Barat Berdasarkan Bentuk Instrumen Dan Cara Membunyikan

shares

Alat Musik Tradisional Jawa Barat Berdasarkan Bentuk Dan Cara Membunyikan - Alat musik tradisional di Jawa Barat memiliki berbagai ragam serta jenis bentuk dan cara membunyikanya. Berikut ini ragam alat musik tradisional daerah Jawa Barat :

1. Kulanter adalah alat musik sejenis kendang dan termasuk alat musik perkusi tidak bernada. Ukuran alat musik ini lebih kecil dan digunakan sebagai pengiring kendang. 

2. Kendang termasuk alat musik perkusi tidak bernada. Kendang sunda terdiri dari beberapa 3 , satu berukuran besar dan dua berukuran kecil. Satu kendang kecil tersebut diikat dengan kendang besar menggunakan tali dari kulit sapi, kerbau dan kambing. 

3.Gong adalah alat musik tradisional alat ini digantung dengan menggunakan tiang kayu. Sedangkan cara membunyikanya dengan cara dipukul. Alat ini termasuk perkusi bernada. 

Alat Musik Tradisional Jawa Barat Berdasarkan Bentuk Dan Cara Membunyikan


Baca Juga : 

4. Jengglong adalah alat musik berbentuk seperti gong berukuran lebih kecil. Jengglong terdiri lima gong. 

5. Kecapi atau sitar adalah alat musik petik yang berasal dari Jawa Barat. Seperti yang tampak gambar berbentuk kotak kayu untuk resonator dan pada bagian atasnya berjajar dawai. Cara membunyikan alat ini dengan cara ditiup. 

6. Suling adalah alat musik yang terbuat dari bambu dilubangi. Lubang suling Sunda terdiri dari 4 lubang untuk menghasilkan nada yang berfungsi sebagai melodi. 

7. Rebab adalah alat musik tradisional cara memainkanya dengn digesek. Biasanya cara memainkan rebab ini pemainya sambil duduk. 

8. Gamelan Degung adalah sebuah  ansambel musik gamelan khas yang berasal dari Jawa Barat. Sebagian besar alat musik gamelan degung cara membunyikanya dengan dipukul atau ditabuh. Gamelan degung terbuat dari logam atau perunggu. 

9. Angklung adalah alat musik tradisional dari jawa barat yang terbuat dari bambu. Cara memainkan angklung dengan digetarkan. Ukuran angklung yang berbeda menghasilkan nada yang berbeda pula. 

10. Karinding adalah alat musik tradisional suku Sinda. Karinding berasal dari beberapa tempat, yaitu dari Citamiang, Tasikmalaya, Malangbong, Pasir Mukti dan Cikalong. Alat musik Karinding terbuat dari pelepah Kawung atau pohon aren dan ada pula karinding yang terbuat dai bambu. 

11. Calung alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari bambu cara memainkanya dengan cara dipukul seperti yang tampak pada gambar adalah salah satu jenis calung yang ada di Jawa Barat. 

Related Posts