Alat Musik Dambus Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung

shares

Alat Musik Dambus Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung - Dambus adalah alat musik yang berkembang di Pulau Bangka dan hingga kini belum diketahui secara pasti alat sejak kapan keberadaan alat musik ini. 

Di bangka belitung sendiri telah mengenal alat musik ini sejak beberapa tahun silam. Alat ini digunakan untuk berbagai keperluan adat, tarian dan juga hiburan. Dincak adalah nama tarianya. 

Alat musik ini terbuat dari bahan kayu cempedak dan kayu jenis miranti. Terdapat enam dawai pada musik alat musik Dambus ini. Senar yang digunakan adalah senar nylon. Baca juga Alat Musik Tradisional Palembang Bentuk Dan Cara Membunyikan.

Alat Musik Dambus Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung

Setiap satu senarnya dipasang secara berdekatan, sehingga menghasilkan sekitar 12 buah yang dimainkan secara bersamaan. 

Bentuk dari alat musik Dambus ini pada ujung gagang berbentuk kepala rusa untuk sebagai ciri khas binatang kedaerahan. Melalui para tangan kreatif ada pula yang mengganti kepala rusa menjadi kepala binatang lain, misalnya berbentuk, ikan, ular sesuai dengan selera. 

Secara musikalnya alat ini digunakan untuk mengalunkan melodi melayu. Nada - nada yang dihasilkan adalah nada khas Melayu bila dimainkan terkesan melayu. Baca Alat Musik Tradisional Daerah Papua Barat.

Related Posts