Lirik Lagu Populer Suket Teki Musik Campursari Musik Populer Terkini

shares

Lirik Lagu Suket Teki Musik Campursari Musik Populer Terkini - Karya lagu daerah yang dikemas dengan lirik bahasa jawa dengan tema yang cenderung mengarah pada kekecewaan dengan melalui kiasan - kiasan dalam lirik lagunya sehingga untuk memahami lagu ini mungkin akan menjadi rancu dan terkesan membingungkan, kenapa membingungkan? hehee.. karena liriknya tidak menghilangkan ciri dari kejawaanya seperti lagu- lagu langgam lainya yang banyak menggunakan kata-kata kiasan.

Baca juga lirik lagu : Lirik Lagu Fatwa Pujangga Lagu Keroncong


Lirik Lagu Suket Teki - Musik Campursari

Aku tak sing ngalah
Trimo mundur timbang loro ati
Tak uyako wong kowe wis lali
Ora bakal bali

Paribasan awak urip kari balung
Lilo tak lakoni
Jebule janjimu jebule sumpahmu
Ra biso digugu

Wong salah ora gelem ngaku salah
Suwe-suwe sopo wonge sek betah
Mripatku uwis ngerti sak nyatane
Kowe selak golek menangmu dewe
Tak tandur pari jebul tukule suket teki

Reff :
Paribasan awak urip kari balung
Lilo tak lakoni
Jebule janjimu jebule sumpahmu
Ra biso digugu

Wong salah ora gelem ngaku salah
Suwe-suwe sopo wonge sek betah
Mripatku uwis ngerti sak nyatane
Kowe selak golek menangmu dewe
Tak tandur pari jebul tukule suket teki

Trus apa sebenarnya makna, maksud dan mungkin kisah lagu ini? Tidak akan pernah ada yang tahu dari lagu ini, karena setiap karya seni yang diciptakan yang mengetahui dari keseluruhan makna dari karyanya hanyalah penciptanya seperti lukisan abstrak misalnya hanya penciptanya saja yang mengetahuinya.

Misalnya lagu langgam jawa seperti dalam lagu "Yen Ing Tawang ono lintang" jika dilihat dari lirik lagunya seperti orang kasmaran tetapi semua itu keliru setelah ditanyakan kepada penciptanya, berdasarkan pemahaman yang saya peroleh lagu tersebut mengisahkan ketika Andjar Any pencipta lagu "Yen Ing Tawang Ono Lintang" sedang menunggu kelahiran anak perempuanya, saat itu Sang Maestro langgam dan keroncong tersebut melihat bintang - bintang di langit gemerlipan.


Sudah menjadi ciri khas seniman jawa jaman dulu dalam menulis lagu menggunakan bahasa kiasan, sastra atau kata - kata yang sulit dipahami. Ternyata bintang di langit yang gemerlip tertuang dalam lirik lagunya "lintang - lintang ngiwi - iwi". Ngiwi - iwi dapat diartikan: ngece/guyon /mengejek/bercanda ), begitulah sekelumit pemahaman kisah lagu "Yen Ing Tawang Ono Lintang".

Demikian Lirik Lagu Populer Suket Teki musik Campursari. Hanya tulisan celotehan saja dan wujud akan kepedulian dengan seni budaya Indonesia dengan berbagai unsur - unsur yang membentuknya.

Baca juga lirik lagu campursari :

Judul Lagu Didi Kempot Tembang Dan Lirik Lagu Campursari
Lagu Dan Langgam Campursari Beserta Judul dan Liriknya
Kumpulan Lagu - Lagu Campursari Dan Langgam

Related Posts