Pengertian teater Nusantara dan Mancanegara

Tags


Pengertian teater Nusantara dan Mancanegara - Berdasarkan Secara etimologi teater berasal dari bahasa Yunani "Theatron" yang berarti panggung sebagai tempat menonton. Pada awalnya adalah dari sekumpulan penonton, ruang penonton dan selanjutnya adalah dari gedung pertunjukan secara keseluruhan dan panggung juga termasuk di dalamnya. 


Seperti adegan wayang juga merupakan cakupan dari seni teater dan segala yang bertalian dengan mimik, balet, pantomim, opera, permainan topeng serta pertunjukan boneka (marionet). Hal ini dapat dijumpai pada gedung- gedung teater yang masih eksis atau pertunjukan teater lainya.

Pengertian teater Nusantara dan Mancanegara

Perwujudan suatu karya seni pada dasarnya dilakukan dengan melalui proses rasa, cipta dan karsa. Sedangkan bobot serta nilai dan mutu karya seni didasarkan melalui kepekaan rasa keindahan manusia penciptanya serta penghargaan yang terdapat pada lingkungan masyarakatnya.

Dengan demikian, suatu karya seni merupakan pencerminan dari hasil budi daya manusia melalui ungkapan makna kehidupan. Nilai - nilai rohani yang mendasari dalam penciptaan karya seni melalui penggarapan dan diwujudkan dalam sifat indah dan merupakan bagian dari kebudayaan. Sedangkan nilai moral ini dalam penciptaan seni merupakan makna kehidupan dari nilai rohani.

Tidak hanya memberikan rasa senang dan gembira bagi penikmatnya baik dengan melalui karya seni teater Nusantara dan teater Mancanegara, akan tetapi dapat memberikan manfaat yang berpengaruh bagi kematangan jiwa dan dapat berguna bagi keluhuran budi.

Karya seni teater yang baik akan dapat memberikan tuntunan kepada masyarakat penikmatnya selain sebagai tontonan masyarakat, sehingga dengan hal ini akan dapat sesuai dengan peryantaan kesenian yang dapat mencerminkan suatu ungkapan makna hidup sebagai makna hidup yang dimaksud adalah nilai moral.

Makna hidup sebagai cerminan dari penciptanya dengan melalui karya seni teater baik teater Nusantara atau teater Mancanegara yang juga memiliki sarat akan nilai moral. Demikian Pengertian teater Nusantara dan Mancanegara semoga bermanfaat.