Karya seni lukis bentuk abstrak ( ITB )

shares

Karya seni lukis bentuk abstrak ( ITB ) - Abstraksi mendominasi karya beberapa seniman ITB karena jurusan Seni Institut Teknologi bandung dianggap tempat kelahiran seni abstrak Indonesia. Sedangkan kelompok seniman penting lain yang tidak tergabung dengan ITB biasanya berkarya seni lukis dengan gaya representatif dan figuratif.


Bandung pada tahun 1950 - an berpenduduk tiga kali lipat dari jumlah penduduk Yogyakarta, Bandung juga merupakan Ibukota Jawa barat serta kebudayaan Sunda dan merupakan awal legendaris melalui sejarah yang panjang. Perkembangan di Bandung menjadi pusat urban yang modern karena sebagian besar dari upaya Belanda.

Karya seni lukis bentuk abstrak ( ITB )

Pada masa penjajahan Belanda menempati tempat seperti pegunungan yang memiliki iklim sejuk sehingga orang Belanda semakin tertarik untuk tinggal di sana dan beristirahat. Awal perkembangan Universitas baru dan kedekatanya dengan Jakarta.

Institut Teknologi Bandung memberi kepada Bandung suatu "lapisan" jika dibanding Yogyakarta karena hubungan dengan belanda lebih langgeng dengan kebudayaan kosmopolitan internasional. Hal ini merupakan sebagai awal pengaruh Belanda.

Pakar kubisme
Dengan melalui sebuah kursus Belanda  Akademi Seni Bandung berasal untuk pendidikan guru pada tahun 1947. Pada akademi seni tersebut seniman otodidak Ries Mulder (1909 - 1973) mengajar dan datang ke Indonesia pada tahun 1939.

Ikhtisar rencana pendidikan disusun olehnya dengan Simon Admiral untuk mata pelajaran pendidikan guru bidang seni bagi siswa Indonesia . Dari para karya seniman pada tahun 1950- an mulai tampak pengaruh Mulder yang berupa lukisan gaya kubisme dan cenderung ke abstraksi geometris.

Sedangkan karya beberapa seniman dewasa ini terkenal dengan menunjukan sama besar dalam bentuk serta isi pada masa itu. Diperlihatkan beberapa contoh terbaik seni abstrak akademi Bandung melalui karya seni lukis yang dikerjakan selama 1960-an dan awal 1970-an.

Seniman Abstrak Indonesia
Ahmad Sadali sering diberi julukan sebagai bapak seni abstrak Indonesia dibawah bimbingan Ries Mulder dan mulai muncul di Bandung tahun 1950- an. Generasi seniman sangat dipengaruhi oleh karya lukisan abstrak ajaran Sadali yang sebagian adalah mahasiswa fakultas Seni ITB pada tahun 1950-an dan 1960- an. Berikut ini seniman abstrak Indonesia Sadali dengan pendidikan dan karirnya.

Ahmad sadali (1924 - 1987) Belajar di seni As dan Belanda, lulus ITB pada tahun 1953 dan bergabung sebagai staf pengajar. Sadali juga pernah berkunjuang ke Australia juga Pakistan ketika studi keliling dan telah banyak mengerjakan berbagai pesanan umum termasuk dekorasi gedung MPR / DPR Indonesia

Selain itu juga terdapat seniman abstrak Indonesia seperti Umi Dachia, Farida Srihadi, Popo Iskandar dan Srihadi Sudarsono. Demikian Karya seni lukis bentuk abstrak ( ITB ) semoga jadi rujukan pembaca dan bermanfaat.

Related Posts